Tuesday 16 July 2013

              Sumbawa merupakan salah satu pulau yang berada di provinsi Nusa Tenggara Barat. Sumbawa yang memiliki suhu tinggi (Panas) menyebabkan daerah tersebut terlihat gersang, namun terdapat pula pada daerah-daerah tertentu yang mempunyai suhu rendah. di daerah sumbawa banyak di tumbuhi pohon asam.
Sumbawa bukanlah daerah yang
sudah sangat berkembang, namun ada banyak hal yang dapat di banggakan yang mungkin tidak di miliki oleh daerah lain salah satu diantaranya seperti makanan khas sumbawa yangtidak  di temukan di daerah lain terkecuali ada penduduk asli sumbawa yang membangun usaha di luar pulau.
Pernahkah anda mendengar nama SEPAT? Ini bukanlah suatu rasa atau expresi yang sering kita dengar, namun sepat yang di maksud adalah Sepat yang merupakan suatu jenis makanan khas daerah Sumbawa- Nusa Tnggara Barat.
Yang paling digemari oleh orang sumbawa adalah makanan sepat. Makanan ini bukanlah makanan khusus yang hanya orang dan waktu-waktu tertentu yang boleh digunakan. Namun sepat adalah makanan khas daerah Sumbawa yang boleh di buat kapan, siapa dan di mana saja.
           Cara pembuatan sepat sangatlah mudah, Ia tidak memerlukan bahan yang rumit, namun cukup dengan bahan seperti: Cabai, Garam, Asam (lebih terasa asam Muda), Gula, bawang merah dan Air serta alat seperti Ulek dan tempatnya serta mangkuk. Adapun cara pembuatannya sangat mudah yakni dengan cara:
  1. Siapkan alat dan bahan
  2. Campur semua bumbu yang ada kemudian di ulek(tergantung selera, pedas atau tidaknya)
  3. Tambahkan air pada bahan yang sudah di haluskan
  4. Aduk hingga benar-benar merata
  5. Untuk hasil yang lebih mnarik, tambahkan daun-daun tumbuhan yang dapat dikonsumsi tanpa harus di masak seperti contoh daun muda mangga.
  6. Tambahkan kerupuk agar lebih enak
  7. Tambahkan ikan bakar pada Sepat(dapat diganti dengan daging lain yang sudah di bakar)
  8. tambahkan pula terong yang saudah di bakar
  9. bisa juga di tambahkan penyedap rasa
  10. Tuangkan Sepat dalam mangkuk (agar lebih terasa sebaiknya di hidangkan menggunakan ulekan)
  11. Sepat sudah siap untuk di hidangkan
Saran penyajian agar lebih terasa pada saat siang hari.
Demikian cara pembuatan sepat sebagai makanan khas daerah sumbawa yang selalu di budidayakan.

1 comment: