Tuesday 7 October 2014

              Dalam Ilmu teknik Sipil ada bermacam -macam program yang digunakan sebagai alat bantu mempermudah kinerja kita salah satunya adalah StaadPro. “STAAD atau (STAAD.Pro) adalah analisis struktural dan program komputer desain awalnya dikembangkan oleh Research Engineers International di Yorba Linda, CA . Pada akhir tahun 2005, Engineer Research International dibeli oleh Sistem Bentley”(sumber).
dalam menjalankan programnya ada dua cara yakni dengan cara manual dan dengan cara Listing Program atau mengetik perintah. kali ini kita akan mencoba menggunakan dengan cara listing program.
beban meratasebagai contoh, saya akan menggunakan beban merata dengan panjang bentang 8 m dengan masing-masing 5 dan 3 meter dengan tumpuan berupa jepit-sendi-jepit.
berikut adalah langkah perhitungannya dengan listing program
Buka Staad Pro kemudian masuk ke menu edit dan pilih menu Edit Input Commend File, dan ketikan tulisan berikut:
STAAD PLANE
UNIT METER KG
JOIN COORDINATES
1 0 0 0 ; 2 5 0 0 ; 3 8 0 0
MEMBER INCIDES
1 1 2 ; 2 2 3
MEMBER PROPERTY
1 2 ASSIGN BEAM
CONTANT
E CONCREATE ALL
SUPPORT
1 3 FIXED
2 PINNED
LOAD 1
MEMBER LOAD
1 UNI GY -500 0 8
PERFORM ANALISYS
FINISH
             setelah itu silahkan hasil di simpan dan keluar dari listing program, maka di sana akan muncul balok yang sudah kita buat. untuk menampilkan nilainya silahkan klik kanan pada layar kerja dan pilih menu labels kemudian pilih yang ingin di tampilkan. untuk mempermudah silahkan dicoca untuk mencentangnya dan di terpakan.

0 comments:

Post a Comment