Tuesday 21 October 2014

       Apakah anda memiliki akun Facebook?
       Pernahkah anda menggunakan Twitter?
      Hampir semua akun yang berada di dunia maya (terutama yang diberi akses secara cuma-cuma/Gratis) akan melakukan registrasi atau pendaftaran memerlukan akun Email terlebih dahulu baik itu yang premium ataupun yang gratisan.
            Taukah anda Email(Electronic Mail)pada awalnya ditemukan oleh Ray Tomlinson (Raymond Samuel Tomlinson) sekitar tahun 1971, kemudian pada tahun 1972 Ray menemukan tanda "@", kegunaannya adalah menunjukkan domain dari server. Contohnya adalah surya.dedy27@gmail.com, surya.dedy27 merupakan nama pemilik dari Email tersebut, kemudian @ yang berarti di atau pada serta gmail merupakan top domain dari nama pemberi akun dan com merupakan top domain untuk comersial.
             Sebelum kita mengelola akun Email kita terlebih dahulu harus login terlebih dahulu atau klik di sini. Bila belum memiliki akun adapun langkah dalam membuat email dapat dilihat dalam langkah berikut ini:
1. Buka situs untuk daftar email terlebih dahulu atau dapat klik link ini.
2. Isikan biodata anda sesuai dengan yang tertera pada KTP anda (untuk "alamat email lain anda saat ini" dapat di kosongkan)
3. Bila semua biodata sudah di isikan, pada bagian bawah centang persetujuan yang ada. kemudian pilih langkah berikutntnya.
4. setelah kita membuat akun kita akan di tawarkan beberapa hal seperti penambahan foto, hal ini pun dapat kita lewati.
5. setelah itu juga terdapat menu untuk pengelolaan email (penggantian tema dll), ini dapat kita lanjutkan ke menu berikutnya atau juga bisa memilih sesuai dengan yang ditawarkan.
6.kemudian setelah selesai kita pilih menu masuk ke gmail disana terdapat beberapa menu yang diberikan oleh akun gmail diantaranya adalah menu:
a. Kotak masuk yang berisi tentang file yang pernah kita terima.
b. Berbintang ialah file yang pernah kita beri bintang agak mempermudah kita dalam pencarian.
c. Pesan Terkirim merupakan bagian Email yang berisi file yang pernah kita kirim sebelumnya
d. Draft adalah file yang pernah kita buat namun tidak kita kirimkan, disini akan langsung tersimpan ketika kita keluarkan.
e. Penting adalah bagian file yang kita anggap penting setelah kita tandai
f. Chat merupakan bagian Email yang bisa kita gunakan untuk Chating
g. Semua Pesan berisikan semua file yang ada di email kita termasuk file masuk dan keluar.
h. Spam merupakan bagian Email yang di anggap sebuah file perusak, ini biasanya karna si pengirim tidak meletakkan Subjeck pada saat mengrim Email.
i. Sampah adalah bagian yang pernah kita hapus dari file kita.
f. Untuk Kategori adalah bagian yang kita khususkan alamat emailnya.


           Kemudian untuk mengirim Email kita bisa memilih menu Tulis/New/Compose, setelah itu akan keluar sebuah tampilan yang memiliki menu To, Subjeck dan Bagian Body nya, pada bagian samping menu To terdapat menu Cc dan Bcc ini digunakan untuk mengirim email kepada lebih dari satu orang dengan spesifikasi sebagai berikut:
To: Tujuan Pengiriman Email
Cc: mengirimkan kepada lebih dari satu orang namun list penerima akan diketahui oleh setiap orang penerima (contoh dedy mengirim email kepada andi, fiqo dan aji, maka andi tahu bahwa dedy mengirim email kepada fiqo dan aji)
Bcc: mengirim email kepada beberapa orang namun tidak menampilkan siapa saja yang dikirimi
Subjeck: Tema dari pesan/ garis besar dari Email yang dikirim
Isi pesan/ body merupakan isi dari pesan yang kita kirim
di samping menu kirim terdapat menu lampiran file yang di gunakan untuk menambah file yang ingin kita kirim dari komputer kita.
               ketika pesan sudah selesai kita buat maka kita dapat mengirim file dengan klik menu kirim yang berwarna biru.

Demikian untuk belajar hari ini, semoga bisa bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment