Tuesday 4 November 2014

            Berikut ini adalah cara bagaimana memberi Daftar Pustaka pada Ms. Word:
1. Siapkan sebuah halaman pada bagian akhir lembar kerja, ini dapat dilakukan dengan meletakan Cursor dibagian akhir tulisan yang berada pada halaman terakhir kemudian tekan Ctrl+Enter. Kemudian ketikkan Daftar Pustaka pada lembar kerja kosong tadi.
2. Cari dan letakan Cursor pada akhir kata yang merupakan kutipan dari sebuah buku, buka menu References => Insert Citation => Add New Citation maka akan tampil sebuah kotak dialog seperti pada gambar.
            Disana ada beberapa hal yang perlu diisikan:
Type a source : ini type sumber asal kutipan, bisa dari buku, majalah dll
Author : Nama Pengarang, bila lebih dari pengarang, silahkan pilih edit dan isikan nama kedua pengarang dan klik ok.
Title : Judul buku
Year : Tahun penerbitan
City : Kota penerbitan
Publisher : Tempat publikasi buku referensi
Edition : urutan penerbitan (apabila memiliki judul yang sama)
           Bila data sudah diisi dengan benar maka ketika kita ok, maka disana akan keluar Nama dan tahun, ini menandakan bahwa pemberian daftar pustaka sudah siap. selanjutnya letakkan Cursorpada akhir kata Daftar Pustaka, kemudain pada menu References pastikan style menggunakan Harvard ini dikarenakan indonesia menggunakan format berbentuk ini dalam penulisan sumber referensi.
           Setelah itu klik bibliography kemudian pilih salah satu dari menu yang ada maka akan tampil hasil hasil yang telah dibuat tadi. demikian pembelajaran untuk hari ini, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment